RSS

Remaja India Juga Dilanda Demam Korea

SNSD
Girls Generation atau SNSD salah satu girlband Korea yang amat populer (facebook.com/girlsgeneration)

Demam Korea yang melanda Indonesia beberapa tahun terakhir yang membuat grup boyband dan girlband bermunculan bak jamur di musim hujan ternyata juga dirasakan di India. Dimana para remajanya juga terkena demam dari budaya pop Korea.


Tidaklah mengherankan jika nama-nama seperti Jinyoung dan No Minwoo, yang notabene adalah penyanyi superstar asal negeri ginseng tersebut sangat terkenal dikalangan remaja India.
Demam Korea atau lebih dikenal dengan Korean Wave adalah sebuah istilah yang diciptakan pada pertengahan 1999, dan mengacu pada penyebaran budaya populer Korea yang terdiri dari musik, film dan drama, dan perlahan-lahan mulai terasa di India. Dan menguasai anak-anak muda dari Delhi ke Mumbai, sampai Aizawl ke Kohima.

Bahkan pada saat ini, saluran televisi Korea seperti Arirang TV dan KBS ditayangkan oleh operator kabel di wilayah timur laut India dan menjadi tontonan favorit keluarga.
Acara festival musik dan budaya Korea-India, pertama kali diselenggarakan di Nagaland pada tahun 2008. Ini menujukkan kepopuleran budaya Korea dengan banyaknya orang yanng mengantri untuk bertemu artis populer Korea seperti Ilac dan VJ Isak.

Times of India menulis belum ada yang tahu secara pasti, mengapa ‘K-Pop’ menjadi populer di kalangan remaja India, terutama mengingat bahwa sebagian besar acara dan lagu-lagu dalam bahasa Korea, dan bahkan tidak di dubbing dalam bahasa Inggris
Swati Sharma asal Bangalore, yang baru saja pergi ke Seoul, Korea Selatan dalam program pertukaran mahasiswa, menghubungkan masalah ini dengan kesamaan budaya.
“Saya menemukan kebiasaan mereka, perilaku serta makanan, sangat mirip dengan kita. Bahkan cara mereka mengucapkan kata-kata dan suku kata mereka cukup banyak seperti kita.. Aku bisa dengan mudah memahami bahasa mereka,” katanya.

Mungkin apa yang dikatakan Swati Sharma itu ada benarnya, sebab beberapa anak di Manipur bahkan belajar bahasa Korea melalui kelas televisi.
Selain kedekatan budaya, isi menyegarkan dan berbeda dari drama TV Korea yang umumnya menampikan kisah cinta anak laki-laki dan perempuan yang berusaha menemukan tempat mereka di dunia, berhasil mengambil hati para remaja India yang mungkin telah bosan dengan dengan film tentang ibu mertua yang licik.

“Aku menonton sebuah drama Korea dalam perjalanan keluarga ke Thailand dan telah menjadi ketagihan sejak saat itu,” kata Meghna Bajaj, seorang siswa kelas X dari Delhi.
Mudahnya akses Internet juga menjadi kredit menyebarnya demam K-Pop di India, membuat lonjakan remaja India yang men-download lagu, film dan serial TV Korea semakin tinggi. Selain itu, situs streaming online seperti DramaCrazy.net, My Soju, All Korean Drama dan Han Cinema juga sama populernya.
Demam Korea ternyata tidak hanya sampai pada musik, film dan TV saja. Gaya busana anak remaja di India juga mulai mengikuti bintang K-Pop idola mereka, mulai dari gaya rambut sampai cara berbusana mereka.

Sumber

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS